-

Minggu, 05 April 2015

Manfaat Buah Kelapa

Bagi anak pantai pasti tidak asing lagi mendengar bauh yang satu ini, karena buah kelapa identiik dengan laut (pantai) bagi kalian yang tadak tau apa itu kelapa, ? disini kami akan membahas tentang buah kelapa sekaligus membahas tentang manfaat-manfaat dari buah kelapa.   GOooo... ah .


Kelapa (Cocos nucifera) adalah satu jenis tumbuhan dari suku aren-arenan atau Arecaceae dan adalah anggota tunggal dalam marga Cocos. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serba guna, khususnya bagi masyarakatpesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Kelapa secara alami tumbuh di pantai dan pohonnya mencapai ketinggian 30 m. Ia berasal dari pesisirSamudera Hindia, namun kini telah tersebar di seluruh daerah tropika. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1000 m dari permukaan laut, namun akan mengalami pelambatan pertumbuhan.
Kelapa secara alami tumbuh di pantai dan pohonnya mencapai ketinggian 30 m. Ia berasal dari pesisirSamudera Hindia, namun kini telah tersebar di seluruh daerah tropika. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1000 m dari permukaan laut, namun akan mengalami pelambatan pertumbuhan. Kelapa adalah pohon serba guna bagi masyarakat tropika. Hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan orang. Akar kelapa menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan Cakar Ayam (dipakai misalnya pada Bandar Udara Soekarno Hatta) oleh Sedyatmo. Batangnya, yang disebut glugu dipakai orang sebagai kayu dengan mutu menengah, dan dapat dipakai sebagai papan untuk rumah.


Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam air kelapa :

  1. Potassium, potassium ini dapat membantu anda untuk menurunkan tekanan darah pada arteri.
  2. Glukosa yang sangat di butuhkan oleh tubuh sebagai energi.
  3. Vitamin C untuk melindungi tubuh dari beberapa penyakit.
  4. Vitamin B untuk membantu dalam pergantian jaringan-jaringan tubuh.

 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

  1. Air kelapa banyak dikonsumsi sebagai minuman elektrolit mengandung natrium, kalium, kalsium, dan magnesium.
  2. Air kelapa bergizi dan sehat bagi tubuh karena rendah lemak dan kalori, sehingga mencegah Anda dari kelebihan berat badan.
  3. Segelas air kelapa dalam proses pencernaan memberikan bantuan dari peradangan dan keasaman. Hal ini dikarenakan air kelapa memiliki asam laurat yang menyembuhkan gangguan pencernaan saluran.
  4. Air kelapa tidak hanya menyegarkan, tapi juga memberikan efek pendinginan untuk tubuh Anda dan saluran pencernaan. Sistem kerja pada lambung dapat menyebabkan peradangan dan ini dapat disembuhkan dengan air kelapa. Ini juga mengontrol suhu tubuh.
  5. Air kelapa juga dikenal sebagai minuman isotonik karena merehidrasi tubuh. Jadi, teguklah dua hingga tiga gelas air kelapa saat tubuh Anda dehidrasi.
  6. Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari air kelapa itu rendah gula yang membuatnya menjadi minuman bergizi bagi pasien jantung dan diabetes. Hal ini juga membantu dalam penurunan berat badan. Banyak pelaku diet lebih suka minum lima-enam gelas air kelapa untuk menurunkan berat badan.
  7. Ini adalah minuman energi dengan enzim bioaktif yang meningkatkan metabolisme Anda dan meredakan rasa lelah. Manfaat air kelapa pada sistem pencernaan seperti membersihkan racun dari tubuh.
  8. Air kelapa adalah obat alami untuk menyembuhkan infeksi urin. Hal ini tentu berlaku pada kesehatan ginjal dan batu uretra.
  9. Air kelapa juga menanggulangi masalah kerontokan pada rambut karena air kelapa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  10. Dapat menurunkan tekanan darah sebesar 10-20mmHg dibandingkan dengan tekanan darah awal sebelum terapi.

 Manfaat air kelapa untuk Pria
Air kelapa untuk pria bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas pria. Ketidaksuburan pria yang dapat menyebabkan sulitnya memperoleh keturunan ternyata dapat diatasi dengan konsumsi air kelapa hijau secara rutin.
 Terapi meningkatkan kesuburan dengan air kelapa hijau ini juga ampuh diterapkan pada pria perokok. Nikotin yang terkandung dalam rokok adalah penyebab ketidaksuburan pada kebanyakan pria perokok. Dengan rutin mengkonsumsi air kelapa hijau, secara perlahan racun nikotin yang bersarang dalam tubuh dapat dinetralisir dan dihilangkan.

 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

  1. Melawan Bakteri. Air kelapa sangat baik bagi wanita hamil karena dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu dan bayi terhadap bakteri. 
  2. Kaya akan Nutrisi. Pada masa perkembangannya janin sangat memerlukan vitamin, mineral, nutrisi dan anti oksidan. Air kelapa muda adalah salah satu sumber terbaik untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Manfaat Air Kelapa untuk Kulit 

  1. Pelembab. Air kelapa bisa digunakan sebagai pelembab karena nutrisi yang terkandung di dalamnya. Orang dengan kulit berminyak sangat di anjurkan untuk menggunakan air kelapa sebagai pelembab.
  2. Mengatasi Jerawat. Untuk menghilangkan jerawat, keriput dan flek hitam. Anda bisa mencuci muka anda dengan air kelapa secara teratur.

Ternyata air dari buah kelapa banyak manfaat nya juga nya min, bagi ditempat anda yang tidak ada pohon kelapa jangan khawatir sekarang penjual kelap muda di pinggiran jalan pun banyak ko' min. Harga yang berkisar 7000-15000.  sekian ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar