-

Selasa, 31 Maret 2015

Manfaat Daun serai

Mungkin sebagian besar orang indonesia lebih mengenal daun serai sebagai bahan dapur saja.Serai dengan nama ilmiah nya Cymbopogon citratus dan yang bersal dari daerah bagian selatan india dan srilanka. ini ternyata banyak hasiat/manfaat nya loh buat tubuh kita, terutama untuk kulit (kecantikan).



 Pengertian daun serai:  Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan atau ramuan pengusir nyamuk. Tetapi, tahukah Anda bahwa di balik baunya yang harum, tanaman yang bernama latin Andropogon nardus ini juga menyimpan beragam manfaat medis dan kesehatan?

Penelitian menunjukkan, daun sereh memiliki kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri. Kandungan tersebut berguna khususnya dalam mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih dan luka. Sereh juga diketahui berkhasit sebagai diuretik, pereda kejang dan antirematik.

Beberapa orang percaya bahwa sereh dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti tifus, infeksi kulit, keracunan makanan dan bau badan. Selain itu, kandungan senyawa analgesik pada minyak sereh dapat membantu menghilangkan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri sendi dan nyeri otot.

  Disini kak Adi akan membahas khasiat daun serai untuk kesehatan/kecantika

Beberapa khasiat/Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit:
  1. Anti kanker
     Sebuah penelitian menemukan bahwa serai mengandung citral, salah satu zat anti-kanker yang dapat membunuh sel kanker. Namun tetap mempertahankan sel atau jaringan sehat dalam tubuh kita. Namun, ini tidak berarti bahwa minum air rebusan serai / teh sendiri akan menyembuhkan kanker secara permanen, melainkan dapat membantu.
     
  2. Anemia
  3. Diabetes
  4. Anti implamasi dan Anti septik
  5. Membersihkan bakteri
  6. Mebagai minyak angin
  7.  Menurunkan berat badan
  8. Insomnia
  9. Mengurangi kolestrol
  10. Tekanan darah tinggi
  11. Tindakan pemurnian
  12. Kesehatan perncernaan.

Jenis-jenis serai:

Secara umum, sereh dibagi menjadi 2 jenis, yaitu sereh dapur (lemongrass) dan sereh wangi (sitronella). Keduanya memiliki aroma yang berbeda. Minyak sereh yang selama ini dikenal di Indonesia merupakan minyak sereh wangi (citronella oil) yang biasanya terdapat dalam komposisi minyak tawon dan minyak gandapura.

Minyak sereh wangi telah dikembangkan di Indonesia dan minyak atsirinya sudah diproduksi secara komersial dan termasuk komoditas ekspor. Sedangkan minyak sereh dapur (lemongrass oil) belum pernah diusahakan secara komersial. Dari segi komposisi kimianya, keduanya memiliki komponen utama yang berbeda. Sereh wangi kandungan utamanya adalah citronella, sedangkan sereh dapur adalah sitral.


 Nah jadi bagi kalian yang ingin memiliki kecantikan yang alami cobalah tanaman-tanaman yang ada disekitar kalian dulu. jangan sedikit-sedikit perawatan ke dokter. Selamat mencoba.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar